2007/08/12

PMKRI Gelar Rekrutmen Anggota Baru

By Hendrikus Adam


PONTIANAK – Perhimpunan Mahasiswa katolik Republi Indonesia (PMKRI) Cabang Pontianak, Sanctus Thomas More kembali menggelar Masa penerimaan anggota Baru (MPAB). Jenjang awal pembinaan yang merupakan bagian dari proses rekrutmen anggota kali ini diikuti 23 peserta yang dilaksanakan di dua tempat, Wisma PSE dan Margasiswa PMKRI, Jalan Imam Bonjol no. 338 Pontianak pada Jumat (15-17/12) lalu. Diakhir kegiatan, pada tanggal yang bersamaan peserta bersama panitia melakukan rekreasi di taman Jungkat Beach sekaligus penutupan rangkaian kegiatan MPAB.

Disamping memperkenalkan keorganisasian internal PMKRI baik materi demi materi yang ada, rangkaian kegiatan MPAB kali ini juga di isi dengan dialog bersama menyikapi isu-isu seputar daerah dengan mengusung topik: “Peran Kaum Muda Dalam menyikapi Isu-Isu Daerah”. Turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Drs. Cornelis, MH tokoh masyarakat dan juga selaku Bupati Landak, dan Makarius Sintong, SH, MH Dewan pertimbangan PMKRI yang juga selaku Sekretaris Umum Dewan Adat Dayak Kalbar.

Asri Yurikhe Maria dalam sambutannya selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa MPAB sebagai proses awal untuk bergulat di PMKRI, dimana setiap calon kader bukan hanya diperkenalkan untuk memahami PMKRI semata, namun lebih dari itu, menurut mahasiswi STKIP PGRI Pontianak ini, peserta juga diajak untuk saling mengenal satu dengan lainnya. Karena menurutnya, dengan upaya saling mengenal tersebut, maka berarti membuka diri dalam menuju pintu persaudaraan sebagaimana amanah dari visi perhimpunan; terwujudnya keadilan sosial, kemanusiaan dan persaudaraan sejati.

Dikatakan pula, melaui MPAB sebagai tonggak awal elemen esensial dalam mengawali perjuangan bersama di perhimpunan. Maka dari itu, menurutnya pintu untuk saling mengisi, belajar dan berproses bersama juga akan selalu terbuka lebar bagi setiap kader. “Rekan-rekan, setelah anda menyatakan siap bergabung di PMKRI melalui kehadiran di MPAB ini, maka satu harapan saya; mari kita bangun kebersamaan dan komitmen untuk mengikuti proses ini dengan sungguh-sungguh” pinta Ikhe, sapaan akrabnya.

Sementara, Florensius Boy yang juga ketua Presidium PMKRI Cabang Pontianak mengingatkan bahwa kaum muda sebagai generasi penerus memiliki andil besar dalam mengusung sebuah perubahan, yang nantinya tidak mustahil menjadi pemimpin bangsa. Karenanya, sebagai bagian dari kaum muda pembawa perubahan (agent of change), peran mahasiswa menajadi penting. “Pada hari ini rekan-rekan diundang dan diharapkan dapat menjadi bagian dari agent of change dimaksud. PMKRI adalah salah satu bagian dari sekian banyak wadah pembinaan yang ada. Perlu di ingat, kita bisa berbuat bukannya untuk sebuah pujian namun untuk sebuah kemuliaan, Pro Ecclesia et Patria/untuk gereja dan tanah air” urai Boy.

0 Comments: