2008/04/08

Camping Rohani PMKRI Pontianak



Dalam rangka refleksi dan reorientasi guna menumbuhkembangkan semangat kebersamaan dan persaudaraan antar pengurus dan anggota, PMKRI Santo Thomas More Pontianak Minggu (5-6/4) lalu mengadakan Camping Rohani yang diselenggarakan di kawasan konservasi Rumah Pelangi Dusun Gunung Benuah, Desa Teluk Bakung, Kecamatan Sei Ambawang, Kabupaten Kubu Raya. Melalui kegiatan tersebut, disamping berdiskusi dan sharing antar satu dengan lainnya, para kader PMKRI (Pengurus dan anggota) juga menggelar diskusi bersama Pastor Samuel Oton Sidin, OFM Cap mengulas seputar lingkungan hidup dan permasalahannya.

satu tim kepengurusan dan anggota untuk merefleksikan ekeistensi dan gerakan PMKRI, disamping media untuk saling mengenal lebih dekat antar kader dalam menumbuhkan semangat persaudaraan dan kebersamaan.

Melalui kegiatan Camping Rohani tersebut, juga diadakan pemutaran film documenter bertema lingkungan alam dan mengupas realitas sosial yakni maisng-maisng film bertajuk Jual Beli perempuan-Anak yang mengisahkan hasil investigasi yayasan Jurnal Perempuan atas sindikasi terhadap perempuan dan anak bermodus TKW dan dan film Cicho Mendes, seorang tokoh pejuang Masyarakat Brazil yang berupaya mengorganisir warga untuk mempertahankan hutan karet dari para penanam modal yang rakus akan kekuasaan. Seperti dijelaskan Pastor Samuel, kedua film tersebut sangat relevan dengan kondisi masyarakat disekitar Dusun Benuah dan sekitarnya sehingga diharapkan dapat menjadi perlajaran bersama.

Dalam kesempatan tersebut, peserta Camping Rohani PMKRI diajak untuk mengenali lingkungan dan sekitarnya, juga renungan bersama. Pada Minggu pagi disamping Misa, juga diadakan serangkaian penyampaian kenangan berupa seperangkat alat pendukung Misa (Alkitab dan doaku) dan Bulletin Petra serta buku "Air Mata Manis Mata". Kenangan ini diharapkan bermanfaat bagi warga setempat. (Petra)
.

1 Comment:

Petrus A. M. Musa said...

Kawans... Senang sekali mengenang moment ini. Saya juga membuat tulisan ringan di blog saya di http://jawant.blogspot.com
Saya pikir, baik juga kalau blog pmkri ini kita jadikan sarana diskusi tentang berbagai wacana yang diangkat. Misalnya dalam Camping Rohani kemarin pasti ada hal yang tertinggal. Saya mengundang teman-teman Kader PMKRI Pontianak untuk berpartisipasi. Betulkan Pak Administrator?...